Penyuluhan acara posyandu Kec. Slawi

Penyuluhan acara posyandu Kec. Slawi

Kamis, 8 Agustus 2024 di Kec. Slawi 

Salam sehat

Penyuluhan acara posyandu, di rw 1 kel kudaile yang hadir 12 bumil (kelas bu mil) dan 80 bayi, balita. Posyandu adalah milik masyarakat dan diadakan oleh masyarakat untuk memberikan pelayanan terutama kesehatan, tumbuh kembang bayi, balita selalu terpantau dan kesehatan bu mil. Maka dari itu manfaatkan dan datang rutin ke pos-posyandu. Pelayanan di posyandu seperti:

Pedaftar dating menimbang ,ukur TB (Panjang Badan) ,ukur Lila, ukur lingkar kepala, imunisasi dan penyuluhan.

Penyuluhan pagi hari ini tetang penyakit TBC atau Tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman TBC (mycobacterium tuberculosis) kuman ini sebagian besar menyerang tubuh manusia terutama paru". Tidak hanya paru" tapi organ tubuh lain. bisa kulit, kelenjar, tulang dll.

TBC bukan disebabkan oleh guna-guna atau kutukan, juga bukan karena keturunan.

 

Bagaimana penularan TBC ... karena kontak penderita. PenderitaTBC pada saat batuk, bersin atau berbicara kuman keluar ke udara melalui dropet/percikan ludah/dahak terhirup oleh orang lain disekitarnya dihurup melalui saluran pernafasan. Jika daya tahan tubuh lemah, orang tersebut menjadi sakit TBC (paru-parunya terinfeksi oleh kuman TB), Jika daya tahan tubuh kuat , orang tersebut akan tetap sehat.

 

GEJALA UTAMA TBC.

1. BATUK (berdahak maupun tidak berdahak)

2. GEJALA LAINYA

3. Demam/meriang (tidak terlalu tinggi)

4. Sesak nafas

5. nyeri dada

6. Berkeringat tanpa sebab terutama pada sore, malam hari

7. Nafsu makan menurun

8. Berat badan menurun

9. batuk bercampur darah.

Dari gejala utama dan tambah 2 gejala lain sudah dapat disebut suspec (terduga) harus diperiksakan dahaknya di puskesmas terdekat gratis. Maka dari itu mari kita menjaga kesehatan diri dan keluarga, pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dItanamkan agar terhidar dari apa itu TBC.

Tetap semangat dan salam sehat