Pelayanan KB Gratis
Di Post Oleh: Rizal Tanggal: 27/07/2019 Di Baca 50 kali

SLAWI - Layanan Keluarga Berencana (KB) secara gratis diserbu ibu-ibu di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (25/7/2019).

Pemberian KB jenis IUD dan Implan itu dilaksanakan di Kantor Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jalan Prof M Yamin, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal.

Layanan KB gratis ini dilaksanakan oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Tegal dibantu Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (P3AP2KB) Kabupaten Tegal.

Ketua IBI Kabupaten Tegal, Yeti Nurul Salatin menuturkan, agenda ini digelar dalam rangkaian Hari Jadi ke 68 IBI.

Menurut Yeti, adapun target layanan KB gratis ini mencapai 100 akseptor atau para ibu.

"Namun fakta di lapangan, ibu-ibu yang mendaftarkan layanan KB gratis ini cukup membludak mencapai 247 akseptor. Itu melebihi target tapi tetap harus kami layani," ujar Yeti kepada Tribunjateng.com, Kamis (25/7/2019).

Menurut dia, pemberian layanan KB gratis ini terlaksana juga secara bertahap di masing-masing ranting atau kecamatan di Kabupaten Tegal.

Untuk acara ini sendiri, Yeti menuturkan, para ibu yang datang berasal dari enam kecamatan yakni Kecamatan Slawi, Pangkah, Lebaksiu, Kedungbanteng, Adiwerna, dan Dukuhwaru.

"Layanan KB gratis ini tentu sangat diminati para ibu-ibu. Sebab, harga KB saat ini mencapai sekitar Rp 200 ribu per suntik (IUD) atau spiral (Implan). Lumayan bisa membantu," jelasnya.

Lebih lanjut, Yeti menambahkan, ada tiga rangkaian dalam HUT ke-68 IBI di Kabupaten Tegal.

"Rangkaian pertama di Waduk Cacaban pada Minggu (14/7/2019). Sekarang rangkaian kedua. Yang terakhir Senin (29/7/2019) besok berupa seminar nasional. Perlu diketahui, layanan KB gratis ini dilaksanakan secara serentak nasional oleh IBI di daerah-daerah," paparnya. (Akhtur Gumilang)

Top